• Peringatan Hari Sumpah Pemuda Semangat Para Pemuda Bangsa

    Setiap tanggal 28 Oktober, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, sebuah peristiwa bersejarah yang menjadi tonggak penting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Pada hari ini, kita mengenang kembali semangat juang para pemuda pada tahun 1928 yang telah mengikrarkan janji bersama untuk mempersatukan bangsa, tanah air, dan bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda bukan hanya sekedar peristiwa sejarah, melainkan sebuah sumber inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkontribusi dan membangun bangsa yang lebih baik.

    Makna Sumpah Pemuda untuk Generasi Masa Kini

    Sumpah Pemuda yang diprakarsai oleh para pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang suku, budaya, dan daerah, mengajarkan kita tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. Pada saat itu, pemuda Indonesia memiliki satu tujuan yang sama: meraih kemerdekaan dan membangun Indonesia yang bersatu. Kini, semangat tersebut harus terus hidup di hati generasi muda Indonesia.

    Di era modern yang serba cepat dan digital ini, tantangan yang dihadapi oleh pemuda semakin kompleks. Namun, nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda tetap relevan. Pemuda masa kini adalah generasi yang tangguh, kreatif, dan penuh potensi. Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan bangsa dan menghadapi perubahan zaman.

    Semangat Pemuda dalam Menghadapi Tantangan Era Modern

    Di era globalisasi dan digitalisasi ini, pemuda Indonesia memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan para pemuda tahun 1928. Jika dahulu tantangannya adalah mencapai kemerdekaan, kini tantangannya adalah bagaimana mengisi kemerdekaan dengan inovasi, kreativitas, dan prestasi. Semangat Sumpah Pemuda harus menjadi api yang menyala di setiap jiwa generasi muda, untuk menghadapi berbagai perubahan yang ada.

    Pemuda Indonesia harus mampu menjadi agen perubahan, dengan menunjukkan peran aktif dalam berbagai bidang, baik itu di sektor pendidikan, ekonomi, teknologi, seni, maupun sosial. Dengan semangat Sumpah Pemuda, para pemuda harus berani melangkah, berinovasi, dan menghadapi tantangan dengan percaya diri.

    Peran Pemuda dalam Membangun Bangsa

    Pemuda memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun bangsa yang lebih maju. Beberapa peran penting yang dapat diambil oleh pemuda antara lain:

    1. Penggerak Inovasi dan Teknologi
      Di era yang semakin digital ini, pemuda memiliki kesempatan untuk menjadi pionir dalam inovasi teknologi. Banyak pemuda Indonesia yang telah sukses menciptakan start-up, aplikasi, dan teknologi yang membantu memecahkan berbagai permasalahan masyarakat. Dengan semangat Sumpah Pemuda, generasi muda harus terus mengasah kemampuan mereka dalam bidang teknologi untuk memberikan solusi bagi bangsa.
    2. Pendorong Perubahan Sosial
      Pemuda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perubahan sosial. Melalui berbagai aksi sosial, kampanye positif, dan gerakan kepedulian, pemuda dapat menggerakkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu-isu penting seperti lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan hak asasi manusia. Semangat Sumpah Pemuda mengajarkan pentingnya saling menghargai dan bekerja sama untuk kebaikan bersama.
    3. Pemersatu di Tengah Keberagaman
      Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman budaya, suku, agama, dan bahasa. Semangat Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk tetap bersatu di tengah perbedaan. Pemuda harus menjadi contoh dalam menjunjung tinggi nilai toleransi, menghargai keberagaman, dan mempererat persatuan bangsa.
    4. Pemimpin Masa Depan
      Pemuda adalah calon pemimpin masa depan. Dengan semangat Sumpah Pemuda, generasi muda harus mempersiapkan diri mereka untuk menjadi pemimpin yang berintegritas, bijaksana, dan mampu membawa perubahan positif bagi bangsa. Pendidikan, pengalaman, dan keterampilan harus terus diasah untuk menghadapi tantangan kepemimpinan di masa mendatang.

    Membangun Masa Depan dengan Semangat Sumpah Pemuda

    Hari Sumpah Pemuda adalah momentum yang tepat untuk membangkitkan kembali semangat persatuan, keberanian, dan optimisme dalam diri pemuda Indonesia. Mari kita jadikan peringatan ini sebagai saat untuk merenungkan peran kita sebagai pemuda, serta memperkuat komitmen kita untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

    Di tengah perkembangan teknologi dan era globalisasi, pemuda Indonesia tidak boleh kehilangan jati diri. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia harus tetap dipegang teguh, dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan dan pendahulu. Semangat juang, rasa persatuan, dan tekad yang kuat adalah kunci untuk menghadapi segala tantangan yang ada di masa depan.

    Pesan untuk Generasi Muda: Teruslah Berkarya dan Berprestasi!

    Di Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita nyalakan kembali semangat para pemuda tahun 1928 dalam setiap langkah kita. Kita adalah penerus bangsa, dan di tangan kitalah masa depan Indonesia berada. Teruslah belajar, berkembang, dan berkarya. Jangan takut untuk berinovasi, jangan ragu untuk berjuang, dan jangan pernah menyerah menghadapi tantangan.

    Selamat Hari Sumpah Pemuda!
    Mari bersama kita wujudkan Indonesia yang lebih maju, berdaya saing, dan sejahtera dengan semangat yang tidak pernah padam. Pemuda Indonesia, tetaplah menjadi harapan bangsa, teruslah menjadi inspirasi, dan berjuanglah untuk masa depan yang lebih cerah!

    “Bersatu Kita Maju, Berjuang Bersama, Demi Indonesia yang Lebih Baik!”

    Kunjungi Kami di SMK DARMA SISWA SIDOARJO

    Posted By: Ma’ruf Islamuddin

  • Evolusi Pendidikan dan Teknologi Generasi Masa Depan

    Dalam era digital ini, pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Pendidikan dan teknologi kini berjalan berdampingan, menciptakan sistem yang lebih interaktif, fleksibel, dan efisien. Peran teknologi dalam pendidikan tidak hanya terbatas pada alat bantu belajar, tetapi juga menjadi platform untuk mengembangkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan di masa depan. Generasi masa depan harus siap menghadapi dunia yang semakin bergantung pada inovasi teknologi untuk sukses.

    Pengaruh Teknologi Terhadap Metode Pembelajaran

    Teknologi telah mengubah metode pembelajaran secara signifikan. Dari penggunaan papan tulis hingga kehadiran pembelajaran daring, evolusi ini memudahkan siswa untuk mengakses informasi secara instan. Penggunaan perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone telah menjadi bagian integral dari proses pendidikan. Dengan kemajuan ini, siswa tidak lagi bergantung pada buku teks fisik, tetapi dapat memanfaatkan sumber daya digital yang tak terbatas.

    Baca Juga: Anak Teknik Wajib Tahu! Software Ini Bantu Kamu Belajar Lebih Gampang!

    Mempersiapkan Generasi Digital

    Teknologi tidak hanya mempengaruhi cara belajar, tetapi juga keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Keterampilan digital menjadi aspek penting yang harus dikuasai oleh generasi muda. Mulai dari pemrograman, analisis data, hingga kecerdasan buatan, generasi masa depan harus siap dengan keterampilan ini untuk bersaing dalam pasar kerja global. Pendidikan yang berfokus pada keterampilan digital memungkinkan siswa untuk lebih siap menghadapi tantangan di era teknologi.

    Inovasi Teknologi dalam Pendidikan

    Inovasi teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI) mulai banyak digunakan dalam pendidikan. VR dan AR memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan imersif, sementara AI dapat membantu personalisasi proses belajar berdasarkan kemampuan individu. Teknologi ini memungkinkan pengajaran yang lebih efektif dan mendalam, memberikan siswa kesempatan untuk belajar dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Kesimpulan: Masa Depan Pendidikan di Era Teknologi

    Pendidikan dan teknologi akan terus berkembang bersama, membentuk generasi masa depan yang lebih siap menghadapi tantangan global. Dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pendidikan, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga keterampilan yang relevan untuk era digital. Sekolah dan lembaga pendidikan harus terus berinovasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan digital, agar generasi mendatang dapat berkembang dengan baik di dunia yang serba cepat ini.

    Posted By: AHMAD PASHA
    Kunjungi Laman kami: SMK DARMA SISWA SIDOARJO

  • Anak Teknik Wajib Tahu! Software Ini Bantu Kamu Belajar Lebih Gampang!

    Pasha SMK MAWA – Kamu anak teknik? Kalau iya, pasti tahu dong betapa pentingnya software untuk mendukung proses belajar. Dalam dunia teknik yang penuh dengan perhitungan, desain, dan simulasi, memiliki software yang tepat bisa bikin tugas-tugas jadi lebih mudah dan cepat selesai. Nah, di artikel ini, kita bakal bahas beberapa software yang wajib banget kamu kenal dan gunakan supaya belajar teknik jadi makin gampang!

    1. AutoCAD – Solusi Buat Desain Teknik yang Akurat

    AutoCAD adalah software yang paling sering dipakai oleh anak teknik, terutama buat kamu yang belajar teknik sipil, arsitektur, atau teknik mesin. Dengan AutoCAD, kamu bisa bikin desain 2D dan 3D secara akurat dan profesional. Software ini mendukung pembuatan gambar teknik yang presisi, mulai dari rancangan bangunan, jembatan, hingga komponen mesin.

    AutoCAD mempermudah kamu dalam:

    • Membuat desain teknik dengan ukuran yang akurat
    • Melakukan modifikasi gambar dengan cepat
    • Menyajikan hasil visual dalam bentuk 3D yang lebih realistis

    Tips: Banyak universitas menyediakan lisensi gratis AutoCAD untuk mahasiswa, jadi jangan lupa tanya ke pihak kampus, ya!

    Download Software Autocad secara Resmi Di sini!

    2. MATLAB – Jagoan Simulasi dan Analisis

    Untuk kamu yang lebih banyak berkutat dengan matematika, algoritma, dan simulasi, MATLAB adalah software yang wajib banget kamu coba. MATLAB biasanya digunakan oleh anak teknik elektro, teknik informatika, dan teknik mesin untuk melakukan berbagai perhitungan numerik, pemrograman, hingga simulasi sistem.

    Manfaat menggunakan MATLAB:

    • Membuat simulasi sistem yang kompleks dengan mudah
    • Analisis data besar yang cepat dan efisien
    • Memecahkan masalah-masalah teknik yang membutuhkan pemrograman

    Dengan MATLAB, berbagai persamaan dan simulasi yang rumit bisa diselesaikan dalam waktu yang jauh lebih singkat.

    Download MATLAB Di sini

    Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Vokasi di Era Digital

    3. SolidWorks – Desain 3D yang Mudah dan Lengkap

    SolidWorks adalah salah satu software andalan buat kamu yang belajar desain produk, teknik mesin, atau teknik manufaktur. Software ini terkenal karena kemudahannya dalam membuat desain 3D dan simulasi produk yang kompleks. Dengan fitur yang lengkap, SolidWorks memungkinkan kamu untuk memvisualisasikan desain mekanik secara detail, sehingga mempermudah proses produksi.

    Apa yang bisa kamu lakukan dengan SolidWorks:

    • Membuat desain 3D yang mendetail dan realistis
    • Melakukan analisis terhadap kekuatan material dan performa desain
    • Menyusun komponen mesin dengan presisi

    SolidWorks juga punya banyak tutorial yang bisa kamu akses online, jadi cocok buat kamu yang masih pemula!

    Download SolidWorks Di sini

    4. ANSYS – Simulasi Finite Element untuk Performa Maksimal

    Buat yang sering berurusan dengan analisis struktur, termal, atau dinamika fluida, ANSYS adalah software yang sangat berguna. ANSYS biasa digunakan untuk simulasi finite element (FEA), yang memungkinkan kamu untuk memeriksa performa material atau struktur sebelum diaplikasikan di dunia nyata. Software ini membantu kamu menganalisis kekuatan, tekanan, aliran fluida, dan perpindahan panas.

    Kelebihan ANSYS:

    • Analisis mendalam terhadap material dan struktur
    • Simulasi fluida dan termal yang akurat
    • Mendukung pengambilan keputusan desain dengan lebih baik

    Dengan ANSYS, kamu bisa lebih mudah memprediksi performa produk atau desain sebelum diimplementasikan.

    Download ANSYS Di sini

    5. Revit – Software Desain Arsitektur All-in-One

    Untuk anak teknik arsitektur atau teknik sipil, Revit adalah perangkat lunak yang serbaguna untuk merancang, mendesain, dan memvisualisasikan bangunan. Revit memungkinkan kamu untuk membuat model bangunan secara 3D, serta mengintegrasikan semua elemen desain seperti struktur, listrik, dan mekanikal dalam satu platform.

    Mengapa kamu harus pakai Revit?

    • Desain bangunan dengan detail arsitektural yang lengkap
    • Integrasi berbagai elemen dalam satu proyek
    • Mempermudah kolaborasi antara arsitek, insinyur, dan desainer

    Revit membantu kamu untuk menghemat waktu dalam perencanaan proyek dan memastikan desain yang dihasilkan lebih realistis dan fungsional.

    Download Revit Di sini

    Software-software di atas bisa jadi teman setia buat anak teknik dalam proses belajar. Mulai dari desain, perhitungan, hingga simulasi, semuanya bisa kamu kerjakan dengan lebih cepat dan akurat. Pastikan kamu menguasai salah satu atau beberapa dari software ini, karena dunia industri sangat membutuhkan tenaga kerja yang siap dengan keterampilan praktis di bidang teknik.

    Posted By: AHMAD PASHA
    Kunjungi Lama Kami: SMK DARMA SISWA SIDOARJO

  • Pentingnya Pendidikan Vokasi di Era Digital

    Pasha SMK MAWA – Pendidikan vokasi semakin menjadi sorotan di era digital yang penuh tantangan ini. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan dalam dunia kerja, keterampilan yang relevan dan siap pakai menjadi sangat penting. Pendidikan vokasi atau pendidikan kejuruan adalah sistem pendidikan yang fokus pada pengembangan keterampilan teknis dan keahlian praktis yang diperlukan di dunia kerja.

    1. Pengertian Pendidikan Vokasi

    Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis di bidang tertentu. Berbeda dengan pendidikan akademik yang cenderung lebih teoretis, pendidikan vokasi lebih banyak menitikberatkan pada praktik langsung di lapangan kerja. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan politeknik adalah contoh institusi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.

    Di Indonesia, pendidikan vokasi memegang peranan penting dalam mencetak tenaga kerja yang siap bersaing di industri. Program pendidikan ini dirancang untuk menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja yang terus berkembang, terutama di era digital.

    2. Fungsi dan Manfaat Pendidikan Vokasi

    a. Menyiapkan Tenaga Kerja Siap Pakai

    Salah satu tujuan utama pendidikan vokasi adalah menciptakan lulusan yang siap kerja. Dengan pelatihan yang terfokus pada keterampilan teknis, siswa yang lulus dari program vokasi dapat langsung diterima oleh industri. Dalam banyak kasus, lulusan pendidikan vokasi tidak memerlukan pelatihan tambahan yang panjang karena mereka sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan di tempat kerja.

    b. Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

    Di era Revolusi Industri 4.0, keterampilan digital menjadi kunci utama. Pendidikan vokasi memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri modern, seperti keterampilan dalam pengembangan aplikasi, jaringan komputer, teknologi informasi, dan lain-lain. Dengan pendidikan vokasi, siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan teknologi dan persaingan global.

    c. Meningkatkan Kemandirian dan Kewirausahaan

    Selain mempersiapkan tenaga kerja, pendidikan vokasi juga mendorong siswa untuk menjadi wirausaha. Dengan keterampilan yang mereka miliki, lulusan pendidikan vokasi dapat membuka usaha sendiri di bidang yang mereka kuasai, seperti perbengkelan, desain grafis, teknologi informasi, atau otomotif. Ini tentu akan membantu menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

    Baca Juga: Tips Menghadapi Perubahan Teknologi di Dunia Kerja Sejak SMK

    3. Cara Kerja Pendidikan Vokasi di Era Digital

    a. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran

    Di era digital, pendidikan vokasi tidak lepas dari penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Siswa diajarkan cara menggunakan perangkat lunak dan teknologi terbaru yang relevan dengan bidang keahlian mereka. Misalnya, dalam jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, siswa belajar tentang konfigurasi server, manajemen jaringan, dan keamanan siber menggunakan perangkat dan software yang mutakhir.

    b. Magang dan Praktik Kerja Industri

    Salah satu keunggulan pendidikan vokasi adalah adanya program magang atau praktik kerja industri. Program ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja sebelum mereka lulus. Dengan demikian, siswa tidak hanya memiliki pengetahuan teoretis, tetapi juga pengalaman praktis yang sangat dibutuhkan di tempat kerja.

    4. Tantangan dan Peluang Pendidikan Vokasi di Indonesia

    Meskipun pendidikan vokasi menawarkan banyak manfaat, masih ada tantangan yang perlu dihadapi, terutama terkait dengan kualitas infrastruktur dan pengajaran. Beberapa institusi pendidikan vokasi masih memerlukan peningkatan dalam hal fasilitas dan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.

    Namun, dengan dukungan pemerintah dan industri, pendidikan vokasi memiliki peluang besar untuk berkembang. Program link and match antara pendidikan vokasi dan dunia industri adalah salah satu langkah untuk memastikan lulusan vokasi memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri.

    Pendidikan vokasi memiliki peran penting dalam menciptakan tenaga kerja yang siap bersaing di era digital. Dengan fokus pada keterampilan praktis dan pengalaman langsung di dunia kerja, lulusan pendidikan vokasi dapat lebih mudah terserap oleh industri. Selain itu, pendidikan vokasi juga mendorong kemandirian dan kewirausahaan, yang sangat diperlukan dalam dunia kerja saat ini. Untuk itu, perlu adanya dukungan yang lebih besar dari pemerintah, industri, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

    SMKDARMASISWASIDOARJO.SCH.IDPosted By: AHMAD PASHA
    Kunjungi Laman Kami: SMK DARMA SISWA SIDOARJO

  • KBRI Riyadh Sambut KKN Internasional 15 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

    Riyadh, Kemendikbudristek — Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Arab Saudi menerima manfaat kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu program pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Sebanyak 15 mahasiswa UMY yang akan melaksanakan KKN Internasional pada 5 Januari hingga 24 Februari 2024 ini disambut secara langsung oleh Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Arab Saudi Dr Abdul Aziz Ahmad.

    Dubes Abdul Aziz Ahmad menyampaikan apresiasi terhadap program KKN Internasional dari UMY di Arab Saudi. “Selamat datang para mahasiswa yang akan melaksanakan program KKN Internasional di Arab Saudi. Melalui program ini, perlu peningkatan kerja sama antara sekolah Indonesia di Arab Saudi dengan sekolah di dalam negeri,” ujar Dubes Abdul Aziz di kantor KBRI Riyadh, pada Selasa (09/01/24).

    Turut mendapingi Dubes Abdul Aziz pada penyambutan ini, Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya, Meugah Suriyan, dan Wakil Kepala Sekolah Indonesia Riyadh, Cherry Renaldi. Sementara itu, delegasi UMY diwakili oleh pengurus Badan Pembina Harian (BPH) UMY, Ikhwan Ahada; Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UMY, Aris Slamet Widodo, serta Kepala Divisi Pengabdian Dosen LPM UMY, Novi Caroko.
    Atdikbud Badrus Sholeh menyambut baik program ini. Ia mengatakan program ini sebagai wahana literasi serta jembatan komunikasi siswa dan guru Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) Arab Saudi dengan sekolah terkait di Indonesia serta civitas akademika UMY. “Kami mendorong agar mahasiswa terlibat dalam penguatan kompetensi siswa agar bisa sejajar dengan siswa nasional di Indonesia dan internasional di Timur Tengah,” tuturnya.

    Atdikbud melihat, potensi siswa SILN Arab Saudi sangat besar karena memiliki kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab yang baik. “Terbiasa pada lingkungan multikultural dan internasional, diharapkan mereka (siswa SILN) bisa melanjutkan pada perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan luar negeri,” ucap Atdikbud Badrus Sholeh.

    Salah satu delegasi dari UMY, Ikhwan Ahada menyampaikan salah satu program KKN Internasional di Arab Saudi adalah menginisiasi majalah dinding virtual kerja sama Atdikbud dengan UMY. “Ini menjadi langkah konkrit untuk membuka jendela informasi budaya sekaligus meningkatkan jumlah nasionalisme dan peningkatan kreativitas mahasiswa,” ujarnya.

    Sementara itu, Aris menyampaikan, nantinya 15 mahasiswa ini akan melaksanakan KKN di tiga SILN yaitu lima mahasiswa di Sekolah Indonesia Makkah, enam mahasiswwa di Sekolah Indonesia Jeddah, dan empat mahasiswa di Sekolah Indonesia Riyadh. (Badrus Sholeh/Editor: Denis)

    Sumber :

    Penulis : Pengelola Siaran Pers
    Editor :
    Dilihat 503 kali

  • TKJ PNUP Raih Best Inspiring Pada KMIPN 2023

    Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional dalam final Kompetisi Mahasiswa Bidang Informasi Politeknik Nasional (KMIPN) V tahun 2023 yang diselenggarakan di Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) pada 31 Juli – 3 Agustus lalu.

    Pada ajang ini, tim Sigma Male yang mewakili Program Studi D4 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada kategori Hackathon berhasil meraih Best Inspiring. Tim ini beranggotakan Edgar Matoto, Ahmad Fadhil Ikram dan Fahrul Islam.

    Tim Sigma Male pada KMIPN V mengusulkan pemanfaatan chatbot dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. Edgar Matoto, ketua tim Sigma Male mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam KMIPN V bersama dua rekannya yang lain.

    “Kami sangat bersyukur kami meraih Best Inspiring pada partisipasi perdana kami di KMIPN, semoga tahun depan kami bisa meraih prestasi yang lebih baik”, ujar mahasiswa angkatan 2022 ini. 

    Koordinator Program Studi TKJ, Eddy Tungadi, S.T., M.T. mengucapkan selamat kepada Tim Sigma Male yang berhasil meraih prestasi pada KMIPN tahun ini. “Selamat kepada mahasiswa yang berhasil lolos ke final KMIPN 2023, Semoga ini menjadi inspirasi dan motivasi buat mahasiswa lainnya sehingga tahun depan semakin banyak mahasiswa TKJ yang berpartisipasi dan mendapatkan prestasi,” ucap Eddy yang juga menjadi juri akademisi pada kategori Keamanan Siber pada KMIPN V.

    KMIPN pada tahun ini diikuti ratusan mahasiswa dari 33 Politeknik se-Indonesia memperlombakan 8 kategori yang diantaranya Cipta Inovasi, Animasi, E-Government, Hackathon, Internet of Things (IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan, Perancangan Bisnis TIK dan Keamanan Siber.

    Editor : Husain Dhani

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • 4 HAL YANG KAMU PELAJARI DI SMK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

    Kuningan, Ditjen Vokasi – Di sini siapa yang tidak mengenal komputer dan laptop, sepertinya hampir sebagian besar manusia di muka bumi telah mengenalnya. Bukan sesuatu yang besar karena sekarang kita hidup di era yang serba modern di mana teknologi merajai semuanya.

    Komputer ataupun laptop yang kita pegang ini erat kaitannya dengan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jurusan TKJ adalah satu jurusan yang mempelajari seluruh seluk beluk komputer dan jaringannya. Secara garis besar, jurusan ini akan mengajarkan terkait perakitan, pemasangan, perbaikan, dan jaringan komputer. Jurusan TKJ dapat dijumpai di SMK di seluruh Indonesia.

    Lalu sebenarnya apa saja yang akan kita pelajari apabila kita mengambil Jurusan TKJ. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa jurusan ini erat kaitannya dengan perakitan. Perakitan sebuah komputer tidak boleh dilakukan sembarangan. 

    “Siswa Jurusan TKJ akan belajar terkait komponen-komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang baik dan benar, mengonfigurasi komponen komputer, menguji hasil perakitan, sistem operasi,” tutur Dian Sudiana, Guru Jurusan TKJ, SMK Pertiwi Kuningan.

    Tidak hanya belajar terkait komputer saja, pada jurusan ini siswa juga akan belajar terkait jaringan. Setelah katam dalam hal merakit dan menginstal, siswa akan belajar berbagai jaringan komputer dan belajar membuat jaringan.

    Materi ketiga yang dipelajari setelah dua materi sebelumnya ialah materi pemrograman website. Di sini siswa akan belajar tentang bagaimana cara membuat website, membuat tabel dan link, belajar HTML, CSS, PHP, dan MySQL.

    Materi keempat yang dipelajari oleh Jurusan TKJ ialah sistem operasi jaringan. Materi ini cukup dalam dipelajari oleh siswa SMK Jurusan TKJ. Nah, pada materi ini siswa akan belajar menyusun kebutuhan server, merakit server, memasang sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasikan server jaringan. Tidak hanya itu saja, siswa juga akan belajar tentang cara backup dan restore server, troubleshooting server, dan membuat layanan jaringan, seperti server DNS dan server DHCP. 

    “Seru belajar di Jurusan TKJ, karena kita bisa belajar merakit laptop sendiri, tidak hanya itu saja karena kami di sini pun belajar terkait jaringan-jaringan juga. Selain itu, kita juga mendapatkan tambahan ilmu melalui magang di industri terkait,” ujar Randi Saputra, Siswa Jurusan TKJ, SMK Pertiwi Kuningan.

    Bagaimana setelah tahu materi yang didapatkan oleh siswa SMK Jurusan TKJ menarik kan kedengarannya. Tertarik dengan jurusan ini, yuk segera saja daftar di SMK dengan mengambil Jurusan TKJ.

    Editor : Husain Dhani

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Kemendikbudristek Rayakan Hari Guru Nasional 2023

    Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November. Peringatan HGN juga menjadi ruang apresiasi yang diberikan kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam merdeka belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

    Tema peringatan HGN tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung puncak peringatan Hari Guru Nasional 2023 di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI dan Indonesiana TV pada Sabtu, 25 November 2023, pukul 15.00 WIB s.d. selesai. “Mari bersama kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru-guru Indonesia yang selalu belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan semangat Merdeka Belajar, serta telah berjuang untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi murid,” tutur Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, di Jakarta, Jumat (24/11).

    Menyemarakkan HGN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengusung tiga pesan kunci. Pertama, HGN menjadi sarana dalam mengapresiasi, semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi antar sesama guru. Kemendikbudristek memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam memberikan pembelajaran berkualitas bagi peserta didik.

    Kedua, berkaitan dengan capaian dan dampak positif. Peringatan HGN menjadi sarana untuk saling bercerita tentang capaian dan dampak Merdeka Belajar bagi guru maupun bagi peserta didik, khususnya dalam mengusung pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. “Hal ini dapat memberikan inspirasi kepada guru lain untuk terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan melalui berbagai program Merdeka Belajar serta menunjukkan kepada generasi muda bahwa jadi guru itu sangat keren dan membanggakan,” jelas Nunuk Suryani. Ketiga terkait dengan keberlanjutan.

    Pada kesempatan ini, Kemendikbudristek mengimbau seluruh ekosistem pendidikan untuk terus bergotong royong dan saling menguatkan. Dengan demikian, belajar dan berbagi akan menjadi gerakan pendidikan bagi para guru. “Siapapun presiden, menteri, kepala dinas atau apapun perubahan struktural yang terjadi, keberpihakan kepada murid, budaya untuk terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi tidak akan pernah berubah dan padam,” tegas Dirjen Nunuk.Apresiasi GTK Tahun 2023 untuk Inovasi dan Inspirasi Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK untuk memberikan penghargaan kepada GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing guna menstimulasi GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

    Apresiasi diberikan kepada GTK yang melakukan inovasi, berdedikasi, dan menginspirasi. Di samping itu, apresiasi juga diberikan kepada guru yang menjadi idola/panutan/favorit siswa. Kategori Apresiasi GTK yaitu GTK Inovatif, GTK Dedikatif, GTK Inspiratif, dan Terima Kasih Guruku.Tema Apresiasi GTK Tahun 2023 adalah “Ciptakan Pembelajaran Berkualitas melalui Kurikulum Merdeka”.

    Tujuan Apresiasi GTK adalah 1) Memilih dan menetapkan GTK yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka; 2) Memberikan apresiasi kepada GTK atas praktik baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka; serta 3) Memperoleh praktik baik pembelajaran, kepemimpinan pembelajaran, pendampingan, pelaksanaan administrasi sekolah, penatalaksanaan laboratorium, pengelolaan perpustakaan sekolah, pengelolaan satuan PAUD, dan pengimbasan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

    Peserta program apresiasi GTK Tahun 2023 meliputi GTK di bawah binaan Kemendikbudristek, termasuk yang bertugas di Satuan Pendidikan Indonesia Luar Negeri (SPILN), yang terdiri atas guru, pendidik paud, kepala sekolah, pengawas sekolah, penilik, tenaga administrasi sekolah, tenaga laboratorium sekolah, tenaga perpustakaan sekolah, kepala satuan paud, pamong belajar, guru pembimbing khusus, dan peserta didik.

    Editor : Terry Handrix Kavabi

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Setelah Vakum Lima Tahun, Swadaya Indonesia München Kembali Sukses Menyelenggarakan Malam Kebudayaan

    Berlin, Kemendikbudristek – Swadaya Indonesia München bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar (PPI) Munich sukses menyelenggarakan acara Indonesischer Kulturabend (IKA) 2023 atau Malam Kebudayaan Indonesia pada tanggal 18 November 2023 di München, Jerman. Pesta kebudayaan ini dikunjungi oleh lebih dari tiga ratus pengunjung, termasuk warga negara Indonesia yang menetap di München dan kota sekitarnya serta warga negara Jerman.

    Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, Ardi Marwan, memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh penyelenggara acara Malam Kebudayaan Indonesia tahun ini.

    “Saya tidak menyangka acaranya akan semeriah ini. Penampilan para penampil sungguh luar biasa, pengunjung ramai, dan stan makanan cukup lengkap. Selain itu, banyak warga negara Jerman yang hadir, saya harap acara ini menjadi corong promosi budaya yang efektif dan dapat menarik minat warga negara Jerman untuk belajar lebih jauh tentang Indonesia,“ ucap Ardi, pada Sabtu (18/11).
     Acara IKA 2023 tahun ini mengusung tema Die Goldene Ära von Majapahit (Era Keemasan Majapahit). Ornamen dan dekorasi khas zaman kerajaan menghiasi panggung dan selasar gedung tempat diselenggarakannya acara.

    Berbagai tarian dan penampilan musik berhasil menghipnotis penonton. Sebut saja tari ruai dari Kalimantan Barat, tari cilinaya khas Bali, tari saman dari Aceh, dan lain-lain. Ketika 13 penari saman menampilkan kebolehannya, penonton terpana menikmati setiap gerakannya. Penari menampilkan tarian dengan enerjik dan semangat tinggi. Tepuk riuh menggema di seluruh Aula tanda puas dan terkesima dengan keseluruhan penampilan. “Seluruh seniman yang tampil telah memberikan pertunjukan yang sempurna. Saya rasa ini ajang yang bagus untuk mempromosikan budaya Indonesia,“ ucap Michaela Nocker wanita berkebangsaan Jerman yang hadir dalam Malam Kebudayaan Indonesia.

    Selain penampilan kebudayaan, acara ini juga menyediakan berbagai stan makanan khas Indonesia. Adapun menu makanan yang tersedia di acara itu seperti nasi Padang, nasi bakar, sate Madura, dan aneka pecel. Pada malam itu, nasi Padang menjadi primadona. Antrean di stan Nasi Padang terlihat mengular sampai ke luar ruangan. “Sudah lama tidak makan Nasi Padang, tidak masalah kalau harus mengantre,“ ujar Daniel Winanto, WNI yang berdomisili di München.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Swadaya Indonesia München, Eduardus Dagomez, mengungkapkan bahwa banyak sekali warga negara Indonesia yang antusias mengunjungi acara Malam Kebudayaan Indonesia.  “Acara IKA ini lazimnya diselenggarakan tiap dua tahun sekali, namun karena pandemi, akhirnya setelah lima tahun kami dapat menyelenggarakannya kembali,“ terang Eduardus Dagomez.

    Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt, Antonius Yudi Triantoro, turut menghadiri acara Malam Kebudayaan Indonesia 2023. Dalam sambutannya, Antonius mengungkapkan bahwa ia terkejut dengan banyaknya warga negara Indonesia yang hadir. “Saya terkejut dengan banyaknya warga negara kita yang datang. Saya seakan berada di Indonesia,“ ungkapnya.
    Pada kesempatan itu, Antonius juga menyempatkan diri untuk berkenalan dengan warga negara Indonesia di München. Pasalnya, ia baru dilantik secara resmi sebagai Konsul Jenderal RI Frankfurt pada tanggal 8 Agustus 2023. 

    Swadaya Indonesia München didirikan pada tahun 2000 oleh warga negara Indonesia dan Jerman di München dengan tujuan untuk menyatukan masyarakat Indonesia dengan masyarakat Jerman. Artinya, Swadaya Indonesia München membantu warga negara Indonesia yang ingin pindah dan menetap di München dalam hal orientasi budaya agar dapat cepat beradaptasi. Selain itu, Swadaya Indonesia München juga mendorong upaya pertukaran budaya antara Indonesia dan Jerman.

    Editor : Husain Dhani

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Kemendikbudristek Menyelenggarakan Perlombaan dalam Rangka HUT Ke-52 KORPRI

    Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-52 (HUT Ke-52) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan lomba olahraga dan seni yang diikuti oleh para pegawai di lingkungan Kemendikbudristek. Perlombaan olahraga dan seni dengan tema ‘KORPRIkan Indonesia’ diselenggarakan pada tanggal 22 s.d. 24 November 2023 di Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta. Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, selaku Ketua III Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat dan Peningkatan Perempuan, Dewan Pengurus KORPRI Nasional, dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi kepada seluruh Dewan Pengurus KORPRI Kemendikbudristek yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Terima kasih kepada seluruh dewan pengurus KORPRI Kemendikbudristek, kita merayakan hari KORPRI ke-52 yang jatuh pada 29 November nanti untuk menyemarakannya kita membuat lomba dengan harapan melalui kegiatan ini dapat terjalin hubungan yang lebih erat antar pegawai di lingkungan Kemendikbudristek,” ucap Suharti saat membuka kegiatan lomba olahraga dan seni, pada Rabu (22/11). Sesjen Suharti menambahkan, melalui tema KORPRIkan Indonesia, ia berharap KORPRI sebagai organisasi yang menaungi semua Aparatur Sipil Negara dapat memberikan manfaat yang lebih banyak. “Jadi teman-teman sebagai anggota KORPRI dapat memberikan kontribusi lebih dengan meningkatkan kinerja, netralitas perlu dijaga untuk menjaga keharmonisan di dalam kita bekerja, dan yang tidak kalah penting yaitu tujuannya untuk perayaan HUT KORPRI tahun ini adalah untuk mendorong kita semua untuk menjaga kesehatan,” katanya. Lebih lanjut, Suharti turut memberikan pesan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kemendikbudristek untuk saling berhubungan satu dengan yang lainnya. “Jangan hanya bergaul dengan teman unit utama, atau satu satuan kerjanya tetapi harus bergaul dengan yang lainnya, karena teman-teman ini semua satu unit ke satu unit yang lain itu berhubungan satu dengan yang lain,” tutur Suharti. Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kemendikbudristek, Ambar Musyarifah, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan perlombaan olahraga dan seni di lingkungan Kemendikbudristek merupakan dalam rangka merayakan HUT Ke-52 KORPRI. “Tujuan dari kegiatan perlombaan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani agar para pegawai tidak ada lelah-lelah jiwa,” ucap Ambar. Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam perlombaan dalam rangka HUT Ke-52 KORPRI antara lain, tenis lapangan kategori beregu putra, kategori ganda perorangan; bulutangkis kategori beregu putra, ganda perorangan putra, dan ganda perorangan putri; tenis meja kategori beregu putra, beregu putri, dan beregu campuran; futsal kategori beregu putra; dan senam kategori aerobik dan senam kategori kreasi. Sedangkan untuk perlombaan seni akan diadakan festival band.

    Editor : Terry Handrix Kavabi

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Bahasa Indonesia Disetujui Menjadi Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

    Pemerintah Republik Indonesia mengusulkan bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa resmi pada General Conference (Sidang Umum) UNESCO. Upaya ini merupakan salah satu implementasi dari amanat Pasal 44 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaaan, yang tertulis bahwa Pemerintah meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional secara bertahap, sistematis, dan berkelanjutan. Usulan ini merupakan upaya de jure agar bahasa Indonesia mendapat status bahasa resmi pada sebuah lembaga internasional setelah secara de facto Pemerintah Indonesia membangun kantong-kantong penutur asing bahasa Indonesia di 52 negara.

    Usulan Indonesia akhirnya disetujui secara bulat pada Sidang Umum Unesco pada tanggal 20 November 2023. Dengan demikian, sekarang terdapat sepuluh bahasa resmi Sidang Umum UNESCO yang terdiri atas enam bahasa PBB yaitu bahasa Inggris, Prancis, Arab, China, Rusia, dan Spanyol serta empat bahasa negara anggota UNESCO lainnya, yaitu bahasa Hindi, Italia, Portugis, dan Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia merupakan bahasa ke-10 yang diakui sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO.

    Duta Besar Mohamad Oemar, Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, membuka presentasi proposal Indonesia dengan menyampaikan bahwa bahasa Indonesia telah menjadi kekuatan penyatu bangsa sejak masa pra-kemerdekaan, khususnya melalui Sumpah Pemuda di tahun 1928. “Dengan perannya sebagai penghubung antar etnis yang beragam di Indonesia, Bahasa Indonesia, dengan lebih dari 275 juta penutur, juga telah melanglang dunia, dengan masuknya kurikulum Bahasa Indonesia di 52 negara di dunia dengan setidaknya 150.000 penutur asing saat ini,” ujarnya. 

    Dubes Oemar menyebutkan bahwa kepemimpinan aktif Indonesia di tataran global telah dimulai sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 yang menjadi bibit terbentuknya Kelompok Negara Non-Blok. Indonesia memilliki komitmen kuat untuk melanjutkan kepemimpinan dan kontribusi positif untuk dunia internasional, dengan berkolaborasi dengan negara-negara lain dalam mengatasi tantangan global, melalui peran keketuaan Indonesia di forum G20 tahun 2022 dan ASEAN tahun 2023 ini. 

    Lebih lanjut, Dubes Oemar menekankan bahwa meningkatkan kesadaran terhadap Bahasa Indonesia merupakan bagian dari upaya global Indonesia untuk mengembangkan konektivitas antarbangsa, memperkuat kerja sama dengan UNESCO, dan bagian dari komitmen Indonesia terhadap pengembangan budaya di tingkat internasional.  

    Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), E. Aminudin Aziz, menuturkan dengan ditetapkannya bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Sidang Umum Unesco membuat posisi bahasa Indonesia semakin meningkat. Pada awalnya, bahasa Indonesia diikrarkan sebagai bahasa persatuan pada Sumpah Pemuda tahun 1928. Selanjutnya, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa negara dalam Undang-Undang Dasar 1945. Sekarang bahasa Indonesia mendapat status bahasa resmi pada tataran internasional melalui pengakuan sebagai bahasa resmi pada Sidang Umum UNESCO. 

    “Sejauh ini, pengakuan internasional ini merupakan penegasan bahwa bahasa Indonesia memang layak dikategorikan sebagai sebuah bahasa di tengah perdebatan terkait bahasa Melayu dan bahasa Indonesia,” tuturnya.

    Kronologi Pengusulan

    Proses awal pengusulan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO bermula dari diskusi antara Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis dan Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO pada bulan Januari 2023 tentang potensi bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Sidang Umum UNESCO. Potensi ini selanjutnya disampaikan kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dalam waktu yang sempit disusunlah strategi untuk mengusulkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO.

    Pada 7 Februari 2023, Kepala Badan Bahasa bertemu dengan Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, serta Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang (OINB), Kementerian Luar Negeri, di Jakarta. Pertemuan ini membicarakan peluang dan strategi mengupayakan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, khususnya bahasa resmi Sidang Umum UNESCO. Pada pertemuan ini disepakati bahwa Pemerintah akan berupaya mengusulkan bahasa Indonesia sebagai bahasa Sidang Umum UNESCO. Setelah itu, disusunlah naskah ajuan yang diperlukan dalam waktu yang sangat terbatas.

    Selanjutnya, prosedur pengusulan ke UNESCO dilakukan sesuai dengan alur yang berlaku. Pada 29 Maret 2023, Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat Sosial Budaya dan OINB bersurat ke Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO di Paris menyampaikan proposal nominasi bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO. Proposal ini kemudian disampaikan oleh perwakilan RI di Paris kepada Sekretariat UNESCO untuk masuk dalam agenda sidang Dewan Eksekutif UNESCO pada bulan Mei 2023.

    Pada 10—24 Mei 2023, Dewan Eksekutif UNESCO menyelenggarakan sidang yang salah satunya membahas usulan pemerintah Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia bahasa resmi Sidang Umum UNESCO. Pada sidang itu, Dewan Eksekutif menyetujui untuk memasukan proposal Pemerintah Indonesia dalam Sesi 42 Sidang Umum yang direncanakan pada 7—22 November 2023. 

    Pada 8 November 2023, delegasi Indonesia yang terdiri atas Kepala Badan Bahasa, Kemendikbudristek, E. Aminudin Aziz; Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Ismunandar; dan Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Iwa Lukmana mempresentasikan usulan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Sidang Umum UNESCO di hadapan Legal Committee UNESCO di Kantor Pusat UNESCO di Paris, Prancis. Sidang Legal Committee akhirnya menyetujui ajuan Pemerintah Indonesia tersebut tanpa keberatan dari anggota komisi. Selanjutnya, hasil sidang Legal Committee diajukan untuk disidangkan secara pleno pada 21 atau 22 November 2023.

    Pada 20 November 2023, sidang pleno UNESCO memutuskan untuk menerima usulan Pemerintah Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia bahasa resmi Sidang Umum UNESCO. Dengan demikian, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ke-10 pada Sidang Umum UNESCO. “Pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Konferensi Umum UNESCO akan berdampak positif terhadap perdamaian, keharmonisan dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di seluruh dunia,” tutur Dubes Oemar mengakhiri pidatonya.

    Editor : Terry Handrix Kavabi

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Pemelajar BIPA Timor-Leste Raih Tiga Pengharagaan dalam Lomba Festival Handai Indonesia 2023

    Dili, Kemdikbudristek – Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Pusat Budaya Indonesia pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste sukses merengkuh tiga penghargaan dari sembilan kategori lomba sebagai Peserta Terbaik I dalam gelaran Festival Handai Indonesia Tahun 2023.

    Para Peserta Terbaik I tersebut adalah Baquita Aniceto Nunes, Joanico Maia, dan Joao Bapista, sebagai Peserta Terbaik I Lomba Bermain Peran; Carla Valencia Ximenes da Costa sebagai Peserta Terbaik I Lomba Membacakan Puisi; dan Efigenia Sejunha Gutteres Fernandes sebagai Peserta Terbaik I Lomba Bernyanyi.

    Sebagai apresiasi kepada pemenang lomba, Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), mengundang seluruh Peserta Terbaik I untuk mengikuti kegiatan Apresiasi Ke-BIPA-an di Indonesia yang dilaksanakan pada 23 – 29 Oktober 2023 di Jakarta.

    Para pemenang tersebut juga berkesempatan mengikuti Kongres Bahasa Indonesia XII yang diselenggarakan di Jakarta pada 28 Oktober 2023.

    “Ini merupakan kebanggaan bagi Timor-Leste yang telah memenangkan 3 (tiga) kategori lomba dan 1 (satu) peserta terfavorit. Para pemelajar telah bekerja keras untuk bersaing dengan banyak negara yang mengikuti Festival Handai Indonesia,” ungkap Ikhfan Haris, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili.

    Ikhfan Haris menambahkan, bahwa pada tahun 2022 lalu, Timor-Leste juga berhasil meraih 4 (empat) penghargaan pada gelaran Festival Handai Indonesia. Harapannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan semangat, motivasi dan keinginan masyarakat Timor-Leste untuk belajar bahasa Indonesia.

    Selain meraih 3 (tiga) penghargaan sebagai Peserta Terbaik I, pemelajar BIPA dari Timor-Leste yang diwakili oleh Alarina Alves do Nascimento dan Fernandito Van Nahak sebagai peserta lomba berbalas pantun berhasil meraih penghargaan sebagai Peserta Terfavorit Festival Handai Indonesia 2023.

    Festival Handai Indonesia merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dalam rangka memberikan kesempatan kepada orang asing yang dapat berbicara bahasa Indonesia dan memiliki pengetahuan tentang peradaban, masyarakat, dan kebudayaan Indonesia untuk unjuk kemahiran dan kreativitas warga negara asing dalam bertutur kreatif dengan menggunakan bahasa Indonesia. (Atase Pendidikan dan Kebudayaan Dili, Pusat Budaya Indonesia

    Editor : Husain Dhani

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Perbedaan Prodi Ilmu Komputer dan Teknik Komputer Berikut Prospek Karier

    Sepintas, kedua jurusan atau program studi (prodi) ini mirip. Tak heran jika calon mahasiswa juga dibuat bingung untuk memilihnya. Namun, Prodi Ilmu Komputer dan Teknik Komputer punya perbedaan. Lantas apa perbedaan kedua prodi ini? Terus, bagaimana prospek kerjanya nanti kedepan? Dirangkum dari Rencanamu.id, ini dia perbedaan Prodi Ilmu Komputer dan Teknik Komputer.

    1. Prodi Ilmu Komputer

    Prodi ini sering berada di bawah Fakultas Ilmu Komputer. Jika kamu ambil jurusan ini, nanti akan belajar prinsip-prinsip ilmu komputer, analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

    Untuk prodi ini bisa terlibat dalam desain dan pengembangan berbagai jenis aplikasi dan perangkat lunak. Termasuk pengembangan games, aplikasi bisnis, sistem operasi dan jaringan distribusi. Dari ilmu komputer ini juga dapat mengkonversi sebuah program ke dalam bahasa mesin agar bisa dibaca dan dieksekusi sebuah komputer. Ilmu ini bisa diibaratkan lebih banyak belajar teori sains dari komputer, karena akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, dan teori jaringan. Ketika skripsi, mahasiswa nanti boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya. Prodi Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori dan pengembangan software.

    Prospek kerja

    Lulusan prodi ini punya profesi luas dan bervariasi. Contohnya sebagai:

    • pengembang perangkat lunak
    • analis
    • konsultan
    • ahli jaringan keamanan sistem

    Adapun sistem pendidikannya lebih banyak menganut pendekatan rekayasa/terapan (engineering) daripada ilmiah (science). Maka dari itu Ilmu Komputer disebut Computer Science, sedangkan Teknik Komputer disebut Computer Engineering.

    Prodi Teknik Komputer diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem terintegrasi baik software maupun hardware.

    Prospek kerja

    Lulusan dari prodi ini dapat mengembangkan karir sebagai ahli:

    • embedded system engineer
    • computer analyst
    • robotic engineer
    • industrial engineer
    • network administrator
    • database administrator
  • Penerapan SPBE Kemendikbudristek dalam Mendukung Percepatan Transformasi Digital Pendidikan

    Jakarta, Kemendikbudristek – Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diselenggarakan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada 12-15 November 2023, menyuguhkan diskusi panel tentang “Dampak Transformasi Digital dalam Reformasi Birokrasi” serta “Penerapan SPBE dalam Mendukung Percepatan Transformasi Digital Pendidikan.”
     
    Dalam paparannya, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menjelaskan regulasi Arsitektur SPBE. Merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 132 Tahun 2022 Tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Kemendikburistek memiliki tugas mendukung pembangunan dibidang Pendidikan. Strategi pembangunan SPBE dalam bidang pendidikan ini dilakukan melalui Platform layanan pendidikan berbasis teknologi dan Pengembangan konten digital pendidikan.
     
    Sesjen menyebut ekosistem teknologi pendidikan di Kemendikbudristek di antaranya yaitu Medeka Mengajar, Rapor Pendidikan, Kampus Merdeka, kedaireka, Akun Belajar.id, ARKAS, TanyaBOS, dan SIPLah.
     
    Adapun integrasi Data Pokok Pendidikan dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain yaitu 1) Integrasi dengan Kemenag: Data dan Informasi Satuan Pendidikan Keagamaan (Islam, Katolik, Kristen dan Hindu, untuk Budha belum memiliki sekolah) melalui DAPODIK, dan EMIS untuk PENDIS, 2) Integrasi dengan Kemendagri (DUKCAPIL): Data dan Informasi Penanganan Anak Tidak Sekolah (Integrasi NIK), 3) Integrasi dengan PTN (Dikti): Program Bidikmisi dan Penerimaan Mahasiswa Baru PTN, 4) Integrasi dengan Kementan: SMK dibawah Kementan dan program pembinaan dari Kementan ke SMK yang dibawah Kemendikbud, serta 5) Integrasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan: Data dan Informasi sekolah dibawah pembinaan KKP.
     
    Berikutnya, 6) Integrasi dengan Kemenkes: Data dan Informasi Satuan Pendidikan dgn Puskesmas (tahap teknis integrasi) untuk Program Sanitasi (SDGs), 7) Integrasi dengan BPS: Data Statistik Pendidikan bersumber dari DAPODIK untuk Satuan Pendidikan di bawah pembinaan Kemendikbud, 8) Integrasi dengan BAN-SM dan BAN PAUD-PNF: Data dan Informasi, 9) Integrasi dengan PUPR: Data dan Informasi Rehab dan pembangunan sekolah, 10) Integrasi dengan BNPB: Data dan Informasi Bencana, 11) Integrasi dengan KPK: Support data Jaga Sekolah, 12) Integrasi dengan Kemensos: Data penduduk miskin (DTKS), 13) Integrasi denganKemenko Perekonomian: Program Kartu Pra Kerja, serta 14) Integrasi dengan BKKBN : Data Kemiskinan Ekstrem.
     
    Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa komitmen dan tindak lanjut Kemendikbudristek dalam mengembangkan praktik SPBE berdasar pada 1) Program nasional pembangunan SDM yang unggul menuntut tersedianya layanan pendidikan yang mumpuni untuk seluruh rakyat Indonesia dan 2) Percepatan transformasi digital pendidikan membutuhkan komitmen bersama seluruh jajaran Kemendikbudristek, melalui implementasi SPBE, bersama-sama mengelola dan mengembangkan layanan pendidikan yang terpadu, efisien dan berkualitas.
     
    “Saya perlu bantuan teman-teman untuk memastikan agar SPBE di Kemendikbudristek berjalan dengan lancar. Masukan pengembangan SPBE bisa disampaikan dari level bawah ke atas untuk meningkatkan mutu SPBE. Mari kita teruskan berkolaborasi dalam meningkatkan capaian target SPBE berikutnya,” tutur Suharti.
     
    Pada kesempatan yang sama, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian PANRB, Nanik Murwati, mengatakan bahwa Transformasi Layanan Digital Nasional pada prinsipnya meliputi 1) Penerapan SPBE untuk wujudkan Layanan Digital Nasional dilakukan dengan prinsip keterpaduan dan interoperabilitas; 2) Prinsip keterpaduan dan interoperabilitas, dilakukan melalui penerapan Arsitektur SPBE (tematik layanan berdasarkan proses bisnis lintas sektor); serta 3) Aplikasi yang telah ada saat ini, diarahkan untuk dapat saling interoperabilitas melalui Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP), konsolidasi data, dan mengutamakan pembentukan menjadi aplikasi umum SPBE sesuai Arsitektur SPBE.
     
    Selanjutnya, 4) Pembangunan dan pengembangan aplikasi umum SPBE, diarahkan menjadi platform digital yang terpadu, melalui pembentukan integrated e-Services dari setiap instansi “Pembina Nasional” untuk menjadi bagian Layanan Digital Nasional; serta 5) Penguatan Tim Koordinasi SPBE pada Instansi untuk memastikan manajemen perubahan dalam transformasi digital pada Instansi Pemerintah selaras dengan target Arsitektur SPBE Nasional.
     
    Perbaikan layanan digital pemerintah menurutnya, memiliki potensi besar untuk meningkatkan Indeks Pembangunan E-Government Indonesia. “Oleh karena itu, Perpres percepatan transformasi digital merupakan langkah awal menuju dampak digitalisasi yang lebih luas di masa mendatang,” tuturnya.
     
    Lebih lanjut, Nanik Murwati mengatakan bahwa transformasi digital pemerintah Indonesia terus berkembang, meski berbagai tantangan masih perlu dihadapi seperti 1) kapabilitas digital yang tidak merata di antara kementerian/lembaga, hanya beberapa yang memiliki talenta digital mumpuni; 2) kurangnya fokus dan kepedulian terhadap kebutuhan pengguna dibanding kebutuhan lembaga/pejabat; 3) integrasi dan interoperabilitas sulit terlaksana karena budaya silo serta fokus ke banyaknya aplikasi daripada pelayanan; 4) perlindungan data pribadi yang kurang maksimal karena kurangnya pemanfaatan teknologi dan proses yang modern.
     
    “Oleh karena itu, peran sentral unit sekretariat instansi dalam penyelenggaraan SPBE melalui Tim Koordinasi SPBE Instansi sangat diperlukan untuk memastikan penerapan tidak hanya aspek TIK tetapi juga terkait proses bisnis, layanan, manajemen perubahan dilaksanakan secara terpadu di seluruh instansi. Mengingat Orkestrasi Kemenko dalam Layanan Digital Nasional adalah percepatan penanganan program nasional melalui kolaborasi lintas sektor yang dapat dipercepat dengan orkestrasi layanan digital,” tekannya.

    Editor : Husain Dhani

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Kemendikbudristek Dorong Pengembangan Talenta Siswa SILN Lewat Ajang KS2O 2023

    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus tunjukkan komitmen kehadiran negara dalam pengembangan talenta muda bidang sains, seni, dan olahraga tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

    Komitmen tersebut disuguhkan melalui pelaksanaan Kompetisi Sains, Seni, dan Olahraga (KS2O) Sekolah Indonesia Luar Negeri se-Asia Tenggara, yang merupakan program rutin dan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) bersama Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Asia Tenggara.

    Pada tahun ini, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur bersama Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) menjadi tuan rumah KS2O, dengan dukungan dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), serta Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, dan Konsulat Jenderal RI di Johor Bahru.

    Pelaksanaan KS2O dimulai dengan sosialiasasi kepada seluruh SILN se-Asia Tenggara, pada tanggal 11 September 2023 secara daring. Acara puncak sekaligus penutupan dilaksanakan 12 November 2023 secara hibrida di SIJB.

    Puncak acara dihadiri langsung oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kepala BKHM, Anang Ristanto, serta perwakilan dari BPTI. Selain itu, satu juri dari Arsha Composer pun turut hadir dengan membawa penyanyi, Khairu yang tampil menghibur seluruh orang yang hadir di Aula Ahmad Dahlan KJRI Johor Bahru.

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKHM, Anang Ristanto, menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan KS2O, di mana kompetisi ini berperan sebagai talent pool dan talent recognition. “Kami sangat senang dapat membersamai anak-anak kita hari ini, berkesempatan untuk melihat langsung anak-anak kita mencurahkan segala kemampuan dalam KS2O. Kami sangat mengapresiasi inisitiaf dari Ibu/Bapak sekalian yang menjadikan kegiatan ini program tahunan,” urai Anang.

    Anang mengatakan, manfaat kegiatan KS2O adalah mengajak anak-anak kita belajar tentang nasionalisme. Melalui kegiatan ini, peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang dapat lebih mengenal kebinekaan suku bangsa dan budaya Indonesia yang beragam, baik dari seni rupa, seni musik, seni tari maupun bidang olah raga. “Ada anak-anak kita di sini yang mungkin belum pernah ke tanah air. Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter sesuai dengan perkembangan zaman dengan tetap melestarikan warisan budaya Indonesia,” tutur Anang.

    Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kuala Lumpur, Muhammad Firdaus, dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini akan terus berlangsung setiap tahun, dan terus melakukan perbaikan-perbaikan disetiap pelaksanaan lomba. “Kami akan coba mengusulkan pemenang lomba-lomba KS2O agar memperoleh tiket emas yaitu beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) repatriasi, agar bisa melanjutkan pendidikan ke Indonesia,” tutur Firdaus.

    Pada kesempatan ini, Konsul Jenderal RI di Johor Bahru, Sigit S. Widiyanto, menyampaikan bahwa KJRI Johor Bahru sangat mendukung penuh kegiatan KS2O. SIJB, sebagai sekolah perlindungan anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Johor Bahru, dapat menggali talenta dan prestasi peserta didik SIJB salah satunya untuk kelanjutan pendidikan peserta didik di Indonedia.

    KS2O Tahun 2023 saat ini bertemakan “Mengukir Prestasi, Mengharumkan Negeri”. Pelaksanaan tanggal 11 September – 12 November 2023 secara daring diikuti oleh 7 SILN, 6 wilker (wilayah kerja) CLC/ICC, dan 2 wilker (wilayah kerja) Sanggar Bimbingan.

    Sejumlah 32 jenis perlombaan bidang sains, seni, dan olahraga diikuti oleh peserta dari jenjang SD sebanyak 117 siswa, SMP sejumlah 180 siswa, SMA sebanyak 81 siswa.

    Juri perlombaan KS2O mata pelajaran jenjang SD/SMP/SMA sebanyak 22 orang berbagai perguruan tinggi negeri (UI, ITB, UNJ, UPI, UNY, IPB, UGM, UM, Tim Olimpiade Biologi Indonesia, Tim Olimpiade Ekonomi Indonesia, Tim Olimpiade Geografi Indonesia, dan INOSCA) di bawah koordinasi BPTI.

    Sedangkan juri perlombaan bidang seni dan olahraga sebanyak 37 orang dari akademisi maupun praktisi antara lain dari Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang.

    Selanjutnya, turut menjadi juri dari Universitas Bung Hatta, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Islam Negeri Prof.Saifudin Zuhri Purwokerto, PB IPSI, SMA Negeri 5 Kota Sukabumi, SMPN 9 Lhokseumawe, MTs Negeri 3 Kediri, Dangdut Academy, Arsha Composer dan Soegi Bornean.

    Adapun hasil perolehan medali pelaksanaan KS2O SILN se-Asia Tenggara 2023 sebagai berikut:

    1. Sekolah Indonesia Johor Baru, meraih 15 medali dengan rincian 6 medali emas, 2 medali perak, dan 7 medali perunggu
    2. Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, meraih 16 medali dengan rincian 5 medali emas, 9 medali perak, dan 2 medali perunggu
    3. Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, meraih 13 medali dengan rincian 5 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu
    4. Sekolah Indonesia Singapura, meraih 8 medali dengan rincian 3 medali emas, 1 medali perak, dan 4 medali perunggu
    5. Sekolah Indonesia Bangkok, meraih 8 medali dengan rincian 3 medali emas, 4 medali perak, dan 1 medali perunggu
    6. Sekolah Indonesia Davao, meraih 5 medali dengan rincian 2 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu
    7. Sekolah Indonesia Yangoon, meraih 5 medali dengan rincian 1 medali emas, dan 4 medali perunggu
    8. Community Learning Center (CLC) wilker Kota Kinabalu, meraih 10 medali dengan rincian 4 medali emas, 5 medali perak, dan 1 medali perunggu
    9. Community Learning Center (CLC) wilker Lahat Datu, meraih 3 medali dengan rincian 1 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu
    10. Community Learning Center (CLC) wilker Sandakan, meraih 4 medali dengan rincian 1 medali perak, dan 3 medali perunggu
    11. Community Learning Center (CLC) wilker Kuching, meraih 3 medali dengan rincian 2 medali emas, dan 1 medali perunggu
    12. Sanggar Bimbingan wilker Kuala Lumpur, meraih 1 medali perunggu
    13. Community Learning Center (CLC) wilker Tawau, meraih 2 medali dengan rincian 1 medali perak, dan 1 medali perunggu

    Dari perolehan medali tersebut, SIJB menduduki juara umum dan berhak atas piala bergilir KS2O Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur. Piala bergilir KS2O diserahkan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur kepada Cindy Mayrianti, Plh Kepala Sekolah Indonesia Johor Bahru sekaligus Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KJRI Johor Bahru. (Tim KNIU/Andrew Fangidae, Editor: Seno Hartono)

    Editor : Terry Handrix Kavabi

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,

  • Implementasi MBKM, Dosen Kampus di Indonesia Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat di SIR

    Riyadh, Kemendikbduristek — Sebagai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dua dosen dari Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dan Universitas Islam Nahdatul Ulama (Unisnu) Jepara melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) pada tanggal 5 s.d. 11 November 2023. Kedua dosen tersebut adalah Ma’as Shobirin dan Fathur Rohman. 

    Program pengabdian kepada masyarakat ini berupa penguatan Islam Wasathyah dan Nasionalisme kepada guru SIR. Kegiatan PKM diawali dengan mewawancarai kepala sekolah dan wakil kepsek, dilanjutkan dengan observasi terhadap guru dan siswa, sosialisasi moderasi beragama kepada guru, desain rencana pojok moderasi beragama bersama siswa dan diakhiri dengan focus group discussion (FGD) bersama para guru sasaran khusus.

    “Guru sasaran khusus adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Seni,” ucap Ma’as Shobirin.

    Saat membuka kegiatan sosialisasi ‘Penguatan Moderasi Beragama Dan Nasionalisme Bagi Guru Sekolah Indonesia Riyadh’ , pada Selasa, (7/11), Kepsek SIR Mustajib, menandaskan urgensi dan arti penting kehadiran moderasi beragama dalam konteks pembinaan terhadap para siswa.

    Diuraikan Mustajib, jika moderasi beragama dimaknai sebatas bertoleransi, sepertinya saat ini moderasi beragama belum begitu mendesak bagi siswa dikarenakan mereka kini tinggal di lingkungan komunitas yang beragama sama, yaitu Islam. “Tidak ada perbedaan,” tegasnya.

    Namun demikian, lanjut Mustajib, urgensi itu terasa krusial dan sangat mendesak jika di suatu kesempatan nanti para siswa atau alumni SIR balik ke Indonesia. Mereka akan menemukan nuansa perbedaan yang nyata dalam masyarakat. Ada perbedaan agama, budaya, bahasa, suku, asal dan lain sebagainya.

    “Kondisi itu sangat membutuhkan toleransi,” Mustajib meyakinkan.

    “Jika ditelusuri nilai-nilai moderasi bergama yang lain seperti pesan imperatif untuk tidak bersikap ekstrim dalam beragama, adil, dan keseimbangan, kesadaran dan implemetasi moderasi beragama semakin mendesak untuk diperkenalkan dan dibiasakan kepada para siswa,” imbuh Mustajib.

    Mengutip Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Ma’as Shobirin memaknai moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap, atau perilaku yang selalu mengambil posisi di tengah-tengah, adil, dan tidak ekstrem dalam beragama.

    Ditambahkan, dalam perspektif Islam, moderasi digambarkan sebagai pososi nilai tengah-tengah antara liberalism dan Islamism.

    “Dan inti dari moderasi Islam sendiri adalah keadilan, keseimbangan, dan toleransi,” imbuh Ma’as – demikian sapaan akrabnya.

    Lebih lanjut Ma’as, pengajar di Unwahas itu, memaparkan bahwa moderasi beragama ala Indonesia yang bercirikan komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal harus diadaptasikan dan dipromosikan ke warga sekolah dan warga lainnya.

    “Lembaga pendidikan menjadi gerbang utama dalam upaya penguatan moderasi beragama dan nasionalisme. Dan guru menjadi pelaku utama dalam penanaman sikap moderasi beragama dan semangat nasionalisme,” rinci dosen penulis buku Alfabet Kehidupan itu.

    Dalam paparannya yang dilakukan secara bergantian dengan Ma’as, Fathur Rohman memaparkan prinsip-prinsip moderasi beragama. Meliputi, tawassuth (moderat), I’tidal (adil), tasamuh (toleran), syura (musyawarah), qudwah (keteladanan), muwathanah (menghargai negara bangsa) dan al-la ‘unf (anti kekerasan).

    “Dan termasuk prinsip Ishlah. Yakni, mengutamakan prinsip kreatif inovatif untuk mencapai keadaan lebih baik, yang mengakomodasi perubahan dan kemajuan zaman dengan berpijak pada kemaslahatan umum,” imbuh Fathur – panggilan akrabnya.

    Selanjutnya, dijelaskan cara-cara menumbuhkembangkan moderasi bergama di sekolah. “Prinsip-prinsip moderasi beragama tersebut dapat internalisasi melalui budaya sekolah, budaya kelas dan pengelolaan kegiatan siswa,” ucap dosen dari Unisnu itu.

    Termasuk dalam budaya sekolah atau school culture, sebagaimana diungkapkan Fathur, adalah program-program sekolah seperti suasana dan tampilan sekolah, interaksi antarwarga sekolah, quote kata-kata bijak di lingkungan sekolah, pembiasaan peserta didik dan penyediaan buku-buku bacaan. Sementara, classroom culture mencakup kegiatan intrakurikuler, pengelolaan kelas, model pembelajaran dan projek Penguatan Profil Pancasila (P5).

    “Internalisasi juga bisa melalui student activities manajement berupa kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan kerohanian Islam dan kegiatan OSIS” ucap Fathur menghakhiri presentasi.
    Sebelum pelaksanaan sosialisasi, telah dilaksanakan desain rencana pojok moderasi beragama bersama siswa. Ma’as menuturkan adanya komitmen bersama dari peserta didik dalam mengembangkan pojok moderasi di SIR. Ditambahkan, pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) menjadi penggerak dalam mengkampanyekan moderasi beragama dan nasionalisme.

    “Kami sepakat berkolaborasi dengan menghasilkan sajian konten dan narasi keagamaan di ruang digital,” ucap Ma’as yang telah mempublikasi 6 judul bukul itu.
    Secara terpisah saat ditanya tentang materi dan rekomendasi focus group discussion (FGD) bersama para guru sasaran khusus, Fathur menuturkan bahwa FGD terfokus pada upaya pengembangan pemahaman diri guru terhadap moderasi beragama”.

    “Rekomendasinya, agar para guru terus memberi ruang kepada para siswa dalam menelurkan gagasan dan ide melalui program pojok moderasi,” pungkas Fathur.

    Editor : Husain Dhani

    SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik, Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik, Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius, Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer, Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik, Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas, SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik, Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif, teknik komputer dan jaringan, teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv, farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik, SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi, Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian, Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia, Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik, SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia, Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka, Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka,