You are currently viewing Mengatasi Masalah pada Suspensi Motor dalam TBSM

Mengatasi Masalah pada Suspensi Motor dalam TBSM

Suspensi motor adalah salah satu komponen penting yang mendukung kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Dalam TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor), kemampuan mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada suspensi motor menjadi keterampilan yang harus dimiliki. Berikut adalah pembahasan tentang cara mengatasi masalah pada suspensi motor yang sering ditemui.

1. Mengenal Komponen Suspensi Motor Dalam TBSM

Sistem suspensi motor terdiri dari dua jenis utama:

  • Suspensi depan: Biasanya menggunakan tipe teleskopik atau upside-down (USD). Suspensi ini berfungsi menyerap getaran dari roda depan.
  • Suspensi belakang: Umumnya berupa monoshock atau twin shock, yang berperan menyerap guncangan dari roda belakang.

Pemahaman tentang komponen seperti per (spring), oli suspensi, dan seal menjadi dasar dalam menganalisis masalah.


2. Gejala Masalah pada Suspensi Motor

Beberapa gejala umum masalah pada suspensi motor meliputi:

  • Suspensi keras: Biasanya terjadi karena oli suspensi mengental atau per sudah terlalu kaku.
  • Suspensi bocor: Ditandai dengan adanya rembesan oli pada batang suspensi, yang disebabkan oleh kerusakan seal.
  • Suspensi berisik: Sering kali disebabkan oleh komponen yang longgar atau karet bushing yang aus.
  • Ayunan terlalu lemah: Dapat disebabkan oleh per yang lemah atau kurangnya tekanan pada monoshock.

3. Langkah Diagnosa Masalah

Dalam TBSM, langkah-langkah diagnosa meliputi:

  1. Pemeriksaan visual: Cari tanda-tanda kebocoran oli, retakan pada komponen, atau baut yang longgar.
  2. Uji fungsi: Tekan suspensi untuk memeriksa kehalusan gerakan dan dengarkan jika ada suara yang tidak normal.
  3. Pengukuran: Gunakan alat seperti caliper atau pengukur kekerasan pegas untuk memastikan komponen masih sesuai spesifikasi pabrik.

4. Cara Mengatasi Masalah pada Suspensi Dalam Jurusan TBSM

a. Mengatasi Suspensi Keras

  • Langkah 1: Periksa kondisi oli suspensi. Jika oli terlalu kental, ganti dengan oli baru sesuai spesifikasi.
  • Langkah 2: Periksa pegas (spring). Jika terlalu kaku atau sudah rusak, gantilah dengan yang baru.

b. Mengatasi Suspensi Bocor

  • Langkah 1: Bersihkan batang suspensi untuk memastikan kotoran tidak merusak seal.
  • Langkah 2: Ganti seal yang bocor dengan menggunakan alat khusus seperti seal puller dan masukkan seal baru dengan hati-hati.
  • Langkah 3: Isi ulang oli suspensi dengan volume yang sesuai.

c. Mengatasi Suspensi Berisik Dalam jurusan TBSM

  • Langkah 1: Periksa baut dan mur pada suspensi untuk memastikan tidak ada yang longgar.
  • Langkah 2: Ganti karet bushing atau komponen yang sudah aus.
  • Langkah 3: Lumasi bagian yang bergerak dengan pelumas yang sesuai.

d. Mengatasi Ayunan Terlalu Lemah

  • Langkah 1: Periksa kondisi per. Jika sudah melemah, gantilah dengan yang baru.
  • Langkah 2: Pada monoshock yang menggunakan sistem gas, periksa tekanan gas. Jika berkurang, lakukan pengisian ulang di bengkel resmi.

5. Perawatan Rutin Suspensi Motor

Untuk mencegah masalah pada suspensi motor, lakukan perawatan rutin sebagai berikut:

  • Bersihkan secara berkala: Hindari penumpukan kotoran di sekitar batang suspensi.
  • Periksa oli suspensi: Ganti oli setiap 15.000-20.000 km atau sesuai rekomendasi pabrikan.
  • Cek kekencangan baut: Pastikan semua komponen terpasang dengan kencang dan tidak goyah.
  • Hindari beban berlebih: Beban berlebih dapat mempercepat kerusakan pada suspensi.

Kunjungi Kami di SMK DARMA SISWA SIDOARJO

Posted By: Ma’ruf Islamuddin

SMK terbaik, SMK Darma Siswa, SMK Mawa, SMK Mawa 1, SMK teknik terbaik,
Teknik komputer dan jaringan terbaik, Sekolah menengah kejuruan terbaik,
Pendidikan kejuruan, SMK terkenal, Sekolah kejuruan unggulan, SMK prestisius,
Pendidikan teknik terbaik, Pendidikan keahlian terbaik, Jurusan teknik komputer,
Jurusan jaringan komputer, Pendidikan vokasi terbaik, Sekolah keahlian terbaik,
Sekolah teknik terbaik, Program keahlian terbaik, Pendidikan berkualitas,
SMK terfavorit, Sekolah kejuruan terkemuka, Kualitas pendidikan terbaik,
Sekolah teknologi terbaik, Pilihan SMK terbaik, SMK terdepan, SMK pilihan,
teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan dan otomotif,teknik komputer dan jaringan,
teknik dan bisnis sepeda motor, akuntansi, administrasi perkantoran, multimedia, dkv,
farmasi, program teknik komputer terbaik, Program jaringan komputer terbaik,
SMK terpilih, Sekolah kejuruan pilihan, Pendidikan berkualitas tinggi,
Sekolah keahlian terkenal, Sekolah teknik unggulan, Pilihan program keahlian,
Program teknologi terbaik, Pendidikan kejuruan terkenal, SMK terbaik di Indonesia,
Keunggulan SMK, Program kejuruan terbaik, Sekolah vokasi terbaik,SMK prestisius di Indonesia, Pendidikan teknologi terkemuka, SMK favorit di Indonesia,
Pilihan sekolah kejuruan, Jurusan teknik komputer terkemuka,
Jurusan jaringan komputer terkemuka, Pendidikan keahlian terkemuka, Sekolah teknik terkemuka

Leave a Reply